Sabuk ‘Batman’ Polisi Lalu Lintas

Logo Tri Brata

Logo Tri Brata

Siapa yang tidak kenal dengan Batman? Tokoh komik Marvel ini adalah ikon pembela kejahatan di Gotham City. Dengan kekuatan fisik yang baik didukung dengan perlengkapan teknologi canggihnya, Batman selalu saja berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Tapi pada tulisan ini bukan cerita Batman yang akan di gali. Di kehidupan nyata kita sekarang ini ternyata polisi lalu lintas juga memiliki berbagai peralatan pendukung dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Jika Batman memiliki sabuk Batman berwarna kuning yang berisi berbagai peralatan ajaib untuk melumpuhkan lawannya, maka polisi lalu lintas juga memiliki sabuk yang dilengkapi peralatan-peralatan kepolisian yang berfungsi mendukung tugasnya sehari-hari. Berikut ulasannya.

Tujuh Perlengkapan Kopel Polisi Lalu Lintas

Kopel adalah sebutan bagi anggota polisi yang berarti sabuk putih besar yang biasa digunakan pada seragam dinas polantas. Pada kopel ini di lengkapi beberapa perlengkapan, antara lain :

  1. Kepala kopel merupakan logo Tri Brata yang merupakan simbol pedoman hidup anggota Polri.
  2. Senjata Api. Petugas polisi dilengkapi dengan senjata api untuk membantu melaksanakan tugasnya. Senjata ini digunakan bukan untuk membunuh sembarang orang, melainkan lebih bersifat melindungi nyawa diri sendiri ataupun masyarakat yang nyawanya terancam oleh penjahat.

    Revolver

    Revolver

  3. Tongkat ‘T’ Polisi. Tongkat ini berbentuk seperti huruf T, maka dari itu disebut tongkat ‘T’. Dipergunakan sebagai alat bela diri petugas dalam menghadapi pelaku kejahatan danjuga sebagai alat untuk melumpuhkan lawan yang tidak mematikan.

    Tongkat 'T'

    Tongkat ‘T’

  4. Borgol. Digunakan oleh petugas polisi untuk menahan tersangka pelaku kejahatan.

    Borgol

    Borgol

  5. Senter. Senter yang digunakan oleh petugas polisi lalu lintas bukan seperti senter biasa sebagai alat penerang, melainkan juga senter sebagai alat untuk mengatur lalu lintas pada malam hari.

    Senter Pengaturan Lalu Lintas

    Senter Pengaturan Lalu Lintas

  6. Handy Talky (HT). Jika ada yang belum tahu, ini adalah alat komunikasi radio yang digunakan petugas untuk berkomunikasi dalam tugas antara satu dengan yang lainnya. Alat ini sangat efektif dalam erkomunikasi, karena berbeda dengan handphone, HT tidak perlu pulsa dan penyebaran informasi dapat didengar oleh seluruh pemegang HT.

    Handy Talky

    Handy Talky

  7. Telepon Seluler (HP). HP digunakan seerti halnya kita menggunakannya untuk berkomunikasi dimana hal yang dibicarakan bersifat untuk kalangan tertentu saja.

    Hand Phone

    Hand Phone

Itulah 7 perlengkapan yang melekat pada kopel polisi lalu lintas. Peralatan ini bisa saja ditambah dengan yang lainnya yang dapat mendukung tugas operasional lantas.

@sandhipolisi

M. Sandhi Satyatama

Menarik juga untuk menulis kejadian sehari-hari dalam blog ini, sebagai bahan untuk berbagi pengalaman di daerah tempat bertugas.

You may also like...

Bagaimana menurutmu sob?